Give Thanks with a grateful heart,Give Thanks Because He's Given Jesus Christ His Son, Give Thanks, And Now, Let The weak say I am Strong, Let the poor say I am Rich because of what The Lord has done, For us

Sabtu, 14 Mei 2011

Kerendahan hati (2)

bulan yang lalu aku sudah ngeposting tentang panggilan Tuhan untuk rendah hati ==> sini, nah sekarang aku mau share tentang Ciri-ciri Kerendahan Hati.
yuk mari kita copas :
Kerendahan hati bukan masalah gaya bicara yang lemah lembut melainkan masalah sikap hati. Orang yang berbicara lemah lembut belum tentu rendah hati tetapi orang yang rendah hati sudah pasti berbicara sopan dan lemah lembut. nah ini dia beberapa ciri-ciri orang yang rendah hati :
1. Orang yang rendah hati mau menerima dirinya sendiri apa adanya, seperti teladan Paulus yang dikatakannya kepada jemaat Korintus
"3.Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar, 4.Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, 5. supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. 6. Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. 7. Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita"
 (1 Korint 2:3-7)
dan
"Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah"
(1 Kor 15:9) 
nah, melalui teladan Paulus kita diajari untuk menerima kita apa adanya, meskipun dianggap gak layak secara manusiawi tapi Allah mampu untuk  melayakkan kita dengan keterbatasan kita Dia akan menunjukkan kuasaNya menyempurnakan kita dalam Dia.

2. Orang yang rendah hati mau menerima orang lain apa adanya.
"Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah"
(Roma 15:7)
Yesus telah memberi teladan kepada kita dengan menerima kita untuk kemuliaan Allah meskipun kita sesungguhnya tidak layak karena dosa yang telah kita perbuat tapi Dia melayakkan dengan Kasih KaruniaNya memberikan keselamatan dan jalan untuk memperdamaikan kita dengan Allah, nah untuk itu kita juga harus menreima orang lain itu apa adanya gak pandang bulu, gak pandang kaya miskin, jelek cantik, karena semua sama dimata Tuhan. so do it.

3. Orang yang rendah hati rela diketahui dirinya sebagaimana adanya.
"7. Kami berdoa kepada Allah, agar kamu jangan berbuat jahat bukan supaya kami ternyata tahan uji, melainkan supaya kamu ini boleh berbuat apa yang baik, sekalipun kami sendiri tampaknya tidak tahan uji. 8. Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran. 9. Sebab kami bersukacita, apabila kami lemah dan kamu kuat. Dan inilah yang kami doakan, yaitu supaya kamu menjadi sempurna"
(1 Korint 12:7-9)
Nah rasul Paulus aja tuh  tidak nutupi kekurangannya, dia memberitahu kepada jemaat bagaimana sebenarnya keadaan dirinya, dia tidak bermegah. nah kita juga dituntut untuk terbuka satu sama yang lain, gak bermegah dengan apa yang udah kita miliki dan berani dikoreksi jika emang kita salah dan saling membangun dengan keterbatasan dan kelemahan yang kita miliki supaya kita sebagai anggota Tubuh Kristus saling menguatkan dan menjadi sempurna.

4. Orang yang rendah hati rela melepas haknya, termasuk hak untuk dilayani. sebaliknya, harus siap menjadi pelayan bagi orang lain
"Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu"
(Matius 20:26)
5. Orang yang rendah hati tidak minta dihargai walaupun dirinya layak menerima penghargaan itu
"4. Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, 5. lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu. 7. Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
(Matius 4:4-7)
Yesus telah memberi teladan, dimana saat dicobain iblis Yesus gak nunjukin bahwa Dia pasti akan ditopang sama malaikat, meski Dia tahu itu, tapi lagi-lagi Dia mau nunjukin bahwa dengan cara begitu siiblis itu pasti merasa menang, nah kita juga diajak untuk rela untuk melepas hak kita untuk menunjukkan kepada siiblis yang coba buat kita berharap sama yang namanya penghargaaan, dan itu dapat membuat kesombongan. be carefull anak2 Allah.

6. Orang yang rendah hati tidak iri dengan segala yang dimiliki oleh orang lain 
"Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa"
(Yak 4:2)
kalo kita emang rendah hati, kita itu ga boleh iri dengan kepunyaan yang dimiliki oleh orang lain, soalnya Tuhan udah kasih karunia buat kita yang berbeda-beda, kalo kita iri atau ada rasa ingin memiliki hal ini akan menghancurkan, nah mari tunjukkan sikap jentel dengan mengakui kelebihan yg dimiliki oleh orang lain n jadiin motivasi diri untuk menjadi yang lebih baik

7. orang yang rendah hati tidak mencari kepentingan sendiri, dan mengganggap orang lain menajdi yang utama
"dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri"
(Fil 4:2)
8. orang yang rendah hati adalah orang yang mengakui dan tunduk kepada otoritas yang diatasnya baik itu , kakak rohani, kakak PA, orang tua, suami, pemerintah dan Yesus Kristus. (1 Ptr 2:18; 5:5, Tit 3:1; Ibr 13:17; Kol 3:18)

9. Orang yang rendah hati akan bersikap lembut, sopan dan sabar
"Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu"
(Efesus 4:2)
10. meneladani Tuhan, orang yang rendah hati tidak akan membedakan orang
"Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang"
(Kis 10:34)

11. Orang yang rendah hati mau menereima nasihat dari orang lain
" Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan"
(1 Tes 5:11)

12. Orang yang rendah hati mau mengakui kesalahan dan meminta maaf 
" Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya"
(Yak 5:16)

13. Orang yang rendah hati mau menerima bantuan dari orang lain dengan wajar dan penuh ucapan syukut, dengan merasa tidak lebih rendah.
"Karena di Tesalonikapun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku."
(Fil 4:16)
14. Orang yang rendah hati tidak memikirkan perkara yang lebih dari kemampuannya 
"Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."
(Rom 12:3)
 NB :
mari saling mendoakan ya saudara2 dalam Yesus Kristus untuk mengalami ciri2 diatas, jujur aja ak masih belum bisa mengamalkan ciri2 itu semua untuk saat ini tapi aku yakin bahwa aku akan bertumbuh dan berbuah di dalam Dia.

2 komentar:

  1. Great post, say!! =) Semangat!! Ayo terus lanjutkan menulis dan memberkati orang lain =)

    BalasHapus
  2. thanks ci,
    I must do it for God,
    please pray for me y ci.
    Tuhan memberkati =)

    BalasHapus

I need ur coment guys/Gals
plis coment here